Ketahui 5 Jenis Pinjaman Dana Cepat Ini

Ketahui 5 Jenis Pinjaman Dana Cepat Ini

Dalam hidup, ada saja hal-hal darurat yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang lebih. Hal darurat tersebut tentu saja datang secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan, seperti kecelakaan, sakit parah, kerusakan alat-alat rumah tangga, dan lain sebagainya. Jika Anda mempunyai dana darurat, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun jika Anda sama sekali tidak mempunyai simpanan, maka mau tak mau Anda harus meminjam dana cepat agar semua urusan bisa cepat selesai.

Dana cepat kini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda cukup duduk manis di depan rumah sambil menatap layar handphone. Pinjaman dana kini bisa dilakukan secara online, yang mana akan sangat memudahkan para pelanggannya untuk mendapatkan pinjaman uang. Namun tetap saja, pinjaman dalam bentuk apapun tetap memiliki aturan dan syarat yang berlaku yang harus dipatuhi oleh semua pelanggan atau debitur.

Sebelum melakukan peminjaman dana, banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Anda harus mengetahui kondisi keuangan Anda terlebih dahulu, apakah dengan penghasilan sebesar ini Anda bisa membayar cicilan dengan masa tenor sekian bulan atau sekian tahunnya. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan lembaga atau perusahaan mana yang akan Anda gunakan untuk melakukan peminjaman.

Masa tenor atau jangka waktu pembayaran dan jenis pinjaman dana pun harus diperhatikan. Anda bisa memilih masa tenor sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika Anda mampu untuk membayar lebih banyak, maka Anda bisa memilih masa tenor pendek. 

Jika Anda hanya mampu membayar dalam jumlah sedikit, Anda bisa menggunakan masa tenor panjang. Kelemahan masa tenor panjang ini adalah Anda akan dikenakan bunga yang cukup tinggi. Jadi, sesuaikanlah masa tenor sesuai dengan kemampuan Anda.

Ketahui 5 Jenis Pinjaman Dana Cepat Ini

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan yaitu jenis pinjaman dana. Setiap lembaga tentu saja memiliki berbagai jenis dan produk yang berbeda-beda. Ada lembaga yang menyediakan pinjaman tanpa agunan atau jaminan, ada  lembaga yang memberlakukan jaminan bagi setiap pelanggannya, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan para pelanggannya juga berdasarkan kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

Jenis-jenis pinjaman dana ini seringkali membuat Anda bingung dikarenakan minimnya informasi mengenai mekanisme masing-masing jenis pinjaman tersebut. Anda seringkali bingung jenis pinjamanmana yang sekiranya cocok untuk Anda gunakan. Namun Anda tidak erlu khawatir. Di bawah ini merupakan ulasan mengenai jenis-jenis pinjaman dana yang bisa jadi referensi untuk Anda kedepannya. Berikut adalah ulasannya.

1. Pinjaman dana tanpa jaminan/agunan

Jenis pinjaman yang pertama yaitu pinjaman dana tanpa jaminan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jenis pinjaman ini tidak mengharuskan Anda untuk memberikan jaminan saat akan mengajukan pinjaman. Anda tidak harus memberikan asset-aset berharga yang Anda miliki. Anda cukup melengkapi persyaratan dan dana pun bisa dengan cepat Anda dapatkan. 

Proses pencairan dananya pun relatif cepat. Hal tersebut kurang lebih membutuhkan waktu 1-4 hari kerja tergantung besaran dana yang diajukan. Jika dana yang diajukan tidak besar dan persyaratan-persyaratan sudah terpenuhi, maka pencairan dana bisa segera dilakukan.

Pinjaman jenis ini bisa Anda temukan di Bank dan beberapa lembaga penyedia pinjaman dana lainnya. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu meliputi dokumen berupa Kartu TAnda Penduduk (KTP), kartu kredit, slip gaji, rekening Koran, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

2. Pinjaman dana dengan jaminan

Jenis pinjaman yang satu ini seringkali disebut sebagai kredit multiguna. Pinjaman ini merupakan kebalikan dari pinjaman sebelumnya, yang mana mengahruskan pelanggannya untuk memberikan jaminan pada saat akan mengajukan pinjaman. Jaminan ini bisa berupa aset-aset berharga Anda seperti sertifikat rumah, BPKB, kendaraan, alat-alat elektronik, dan masih banyak lagi.

3. Pinjaman dana untuk usaha/bisnis

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk berbisnis, maka pinjaman dana ini bisa jadi solusinya. Jenis pinjaman ini disebut Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang bisa Anda jumpai di bank maupun penyedia jasa pinjaman dana lainnya yang berbasis koperasi. Pinjaman ini memiliki dua jenis, yaitu KUR Mikro yang dikhususkan bagi pelaku usaha mikro dan KUR Ritel yang dikhususkan untuk pelaku usaha menengah dan kecil.

4. Pinjaman dana koperasi

Pinjaman dana koperasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kesulitan mendapatkan pinjaman dana dari bank. Syarat untuk bisa mengajukan pinjaman dana koperasi ini yaitu cukup menjadi anggota koperasi dan melengkapi berbagai dokumen seperti NPWP, KTP, slip gaji, rekening listrik, kartu keluarga, dan lain-lain. Pengajuan dana pinjaman koperasi tidak sebesar lembaga lainnya karena sumber dana koperasi itu sendiri didapat dari iuran anggota.

5. Pinjaman dana online

Pinjaman dana ini menjadi hits di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, pinjaman online ini memiliki pengajuan dana yang mudah dan pencairan dana yang relatif cepat. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar tidak terjebak oleh penipuan berkedok pinjaman online yang sedang marak akhir-akhir ini.

Itulah beberapa jenis-jenis pinjaman dana cepat yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhansehari-hari maupun kebutuhan yang mendesak. Jika Anda memerlukan pinjaman dana yang aman dan rendah bunga, kunjungi Cekaja.com atau https://www.cekaja.com/kredit. Cekaja.com bisa menjadi solusi untuk masalah keuangan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar