Tanda Kamu Harus Lakukan Service Mesin Cuci

Tanda Kamu Harus Lakukan Service Mesin Cuci

Mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik di rumah yang keberadaannya turut menentukan keberlangsungan hidup anggota keluarga. Bagaimana tidak? Jika mesin cuci di rumah yang biasa dipakai sehari – hari mengalami kerusakan atau kendala, otomatis aktifitas mencuci baju untuk memenuhi kebutuhan pakaian pun akan terganggu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mengecek kinerja dari elektronik ini dan melakukan service mesin cuci secara berkala.

Tanda Bahwa Kamu Butuh Untuk Service Mesin Cuci :

1. Layar Tidak Menampilkan Kinerja Mesin Cuci

Layar dari mesin cuci menampilkan dan mengontrol aktifitas dari mesin cuci tersebut. Layar tersebut biasanya berisi penunjuk waktu yang dibutuhkan, air yang digunakan apakah panas atau ingin, kapan harus menambahkan softener, dan lain sebagainya. Jika layar tidak berfungsi sebagaimana mestinya, misalnya penunjuk waktu tidak berfungsi dengan baik, tentu hal ini membuat kamu kesulitan kapan proses mencuci selesai. Nah, jika layar tersebut tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya kamu segera konsultasi dengan orang yang lebih mengerti mengenai mesin cuci. Hal ini juga menjadi salah satu tanda bahwa barang elektronik kamu yang satu ini sudah waktunya untuk diservis.  

2. Tercium Bau Apek Dari Mesin Cuci

Mesin cuci yang sudah lama digunakan, semakin lama kinerjanya akan semakin menurun. Salah satu tanda menurunnya kinerja mesin cuci adalah tercium bau apek. Hal ini terjadi karena kotoran dan bakteri yang berasal dari baju – baju kotor yang dicuci dan menumpuk di mesin cuci tersebut. Penumpukan yang terjadi terlalu lama akan menimbulkan bau apek dan tidak sedap. Disinilah pentingnya perawatan mesin cuci secara berkala. Kamu bisa melakukan pembersihan secara berkala atau melakukan service mesin cuci rutin untuk mengatasi permasalahan ini.

3. Terjadi Kebocoran

Ketika mesin cuci sedang digunakan, biasanya air menetes dan bocor. Salah satu kemungkinan terjadinya kendala ini adalah terjadi kebocoran di selang atau segel mesin cuci atau bahkan di bagian tersebut mengalami kelonggaran. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengecek bagian – bagian yang diduga bocor. Namun, jika kebocoran yang terjadi sudah tidak dapat diatasi, ada baiknya kamu segera membawa mesin cuci ke tenaga profesional untuk dilakukan perbaikan.

4. Mesin Cuci Tidak Berputar

Hal ini merupakan salah satu kendala yang umum terjadi dan akan membuat kamu panik ketika kamu butuh untuk menggunakannya. Ketika mesin cuci tidak berputar, kemungkinan yang terjadi adalah mesin cuci tidak cukup menerima daya listrik sehingga menyulitkan untuk berputar dan bekerja. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengurangi jumlah pakaian yang dimasukkan dan mengecek sumber daya. Namun, jika keduanya sudah dilakukan dan mesin cuci masih tidak berputar, sebaiknya kamu segera membawa ke ahli service mesin cuci untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

5. Tidak Dapat Diisi Air

Jika hendak melakukan pencucian dan kamu mengisi mesin cuci dengan air, namun hal tersebut tidak dapat dilakukan, sudah pasti terjadi masalah dengan mesin cucimu. Memastikan tidak ada bagian selang yang tertekuk atau melingkar, bisa kamu coba untuk pengecekan awal. Namun, apabila kendala ini masih terjadi, penyumbatan pada filter atau katup yang rusak merupakan masalah lain yang mungkin terjadi. Tidak ada salahnya jika kamu melakukan pengecekan ke tenaga profesional.

Itulah tadi 5 tanda bahwa service mesin cuci menjadi langkah yang harus diambil jika terjadi kendala di barang elekronik ini. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan secara berkala dan perawatan rutin, agar mesin cuci terawat dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.

0 komentar:

Posting Komentar