Pernah Kehilangan Data Karena Malas Backup Data? Dengan USB OTG SanDisk Kamu Tidak Akan Mengalaminya Lagi

Pernah Kehilangan Data Karena Malas Backup Data? Dengan USB OTG SanDisk Kamu Tidak Akan Mengalaminya Lagi

Segala sesuatu di zaman yang hampir semuanya serba digital ini terasa sangat mudah dilakukan. Hanya dengan gawai di tangan, berbagai macam hal bisa dilakukan. Mulai dari berkomunikasi, transaksi keuangan, hingga fotografi dan bermain game. 

Dari beberapa kegiatan tersebut, kegiatan yang seringkali dilakukan adalah fotografi. Entah itu berswafoto sendirian, atau bersama teman. Rasanya memang seru, dan tidak bisa lepas dari keseharian kita. Bahkan hingga terkadang sebagian besar memori hp kita dipenuhi dengan foto-foto kita.

Dan sedihnya, seringkali kita tidak menyadari, bahwa ternyata dengan kita menyimpan banyak foto di galeri ponsel, akan membuat kinerja ponsel kita menjadi lambat. Bahkan untuk jangka waktu yang panjang, akan membuat memori jadi error bahkan kabar buruknya foto-foto di galeri ponsel mu bisa rusak.

Saya sendiri pun punya pengalaman yang tidak menyenangkan seperti hal diatas. Hari-hari awal menggunakan ponsel yang memiliki kamera dengan resolusi yang cukup bergengsi, saya jadi suka mengabadikan momen dengan berfoto. 

Entah itu berswafoto ataupun mengambil foto gambar-gambar yang ada di sekeliling. Rasa-rasanya setiap ada momen bagus, saya langsung ingin berswafoto, setiap ada tempat yang instagramable langsung harus diabadikan dan dishare di instagram.

Sampai akhirnya, beberapa bulan selanjutnya saya merasakan kinerja ponsel melambat. Kemudian saya berpikiran mungkin ada yang harus disetting ulang. Kemudian tanpa saya menemukan pilihan ‘Reset Factory’ dan saya dengan polos mengklik pilihan tersebut. Langsung setelah itu saya terdiam. Seluruh data di ponsel saya hilang, foto-foto di galeri ponsel saya pun ikut hilang seketika, tak berbekas. Rasanya sedih tak terkira karena foto-foto tersebut belum ter-backup sama sekali.

Setelah kejadian itu, kini saya lebih rajin untuk melakukan backup data terutama foto-foto di galeri ponsel saya ke laptop. Tapi memang ya, penyakit malas seringkali mudah menyerang. Mengingat memindahkan data dari ponsel ke hp harus menyambungkan keduanya dengan kabel data terlebih dahulu. Ya, kalau datanya bisa langsung terbaca, kalau tidak langsung terbaca, bagaimana? Butuh waktu lama, kan?

Fine, itu hanya sekelumit cerita mengenai pengalaman saya kehilangan foto di galeri ponsel yang sudah diabadikan sedemikian rupa. Mungkin bagi beberapa orang, kehilangan foto bukan sebuah masalah yang besar. Namun bagi saya itu adalah masalah besar. 

Nah, maka dari itu kini satu hal yang penting untuk rutin saya lakukan adalah melakukan backup data ponsel ke laptop. Hal itu terlebih saya lakukan karena memori ponsel saya hanya 16GB saja. Baru diisi aplikasi, dokumen, video, dan foto-foto sedikit saja langsung terasa lemot.

Sekarang saya merasa bahagia karena saya sudah tidak perlu lagi repot-repot menyambungkan kabel data panjang dari ponsel ke laptop saya, saya juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan transfer data apalagi jika data mengalami masalah dan lainnya #DibuangSayang.

Western Digital Corp beberapa waktu lalu mengembangkan USB OTG (On The Go) Dual Drive dengan nama USB OTG SanDisk. Sejak ada teknologi tersebut, urusan saya dalam melakukan backup data jadi terasa lebih praktis dan mudah.

Berbicara mengenai merk SanDisk sendiri rasanya sudah tidak asing di telinga kita, kan? Dari zaman ponsel saya masih ponsel dengan keypad, saya sudah menggunakan memory card merk SanDisk. Dan kini, seiring dengan berubahnya zaman, Western Digital kembali mengeluarkan teknologi baru USB OTG dengan nama merk SanDisk. USB OTG yang memiliki fitur flash drive dan dual drive ini memiliki konektor USB 3.0 dan konektor micro-USB.

Adanya SD Card #SanDiskAPAC Ini menjadi kabar bahagia bagi saya yang membutuhkan memori lebih untuk menyimpan foto-foto maupun data-data penting lainnya.

3 komentar:

  1. Penting banget pokonya punya USB OTG ini. Secara masalah umum smartphone yaitu overload memori. Kalau sudah begitu kudu ngapus-ngapus foto atau transfer lewat laptop, dan itu bikin repot sekali

    BalasHapus
  2. Butuh banget yg kayak gini nih aku,
    backup data mudah dimanapun kapanpun
    USB OTG sanDisk memang menjadi solusi

    BalasHapus
  3. Aku bukan tipe malas mbak, soalnya menyadari memori penyimpanan di smartphone aku kecil, jadi sering backup data, apalagi sejak ada USB OTG SanDisk Dual Drive 3.0, aku lebih senang saat backup data smartphonennya

    BalasHapus